11.21

Sejarah Berdirinya RSUD Dr.M.Yunus Bengkulu

Awal berdirinya RSUD Dr M.Yunus Bengkulu, pada Tahun 1922 dimana pada waktu itu masih dalam penjajahan pemerintah Hindia Belanda yang berlokasi di samping kantor pos dan giro lama (kota Bengkulu), barulah pada tahun 1925 didirikan tersendiri dengan bangunan semi permanen berlokasi di JL.Ratu Agung (Anggut Atas) yang saat ini menjadi Jalan Soekarno Hatta, dan pimpinan RS pada waktu itu adalah seorang dokter dari Belanda bernama dokter Briounkop dan dibantu dokter Indonesia dokter Asikin dan empat orang tenaga antara lain Zickken Opasser (1 orang perawat), satu orang tenaga administrasi dan dua orang pembantu atau pelayan.
Pada saat itu RS ini didirikan status provinsi Bengkulu masih dalam bentuk keresidenan Bengkulu terbagi menjadi beberapa kabupaten yang merupakan bagian dari provinsi Sumatera Selatan, kemudian dengan adanya perubahan beberapa daerah tingkat II menjadi daerah tingkat I akibat pemekaran dari beberapa provinsi di Indonesia, maka pada tanggal 18 Nopember 1968 provinsi Bengkulu disahkan menjadi daerah tingkat I dengan kedudukan Ibukota rovinsi di Bengkulu.Upaya yang tak mengenal lelah dari penyelenggara rumah sakit serta pihak-pihak lain yang terkait akhirnya membuahkan hasil dengan berdirinya komplek RS di Padang Harapan. RS ini diresmikan oleh Menkes RI Prof.G.A.Siwabessy pada tanggal 7 Maret 1978, sekaligus hari jadinya RSMY Bengkulu, dengan berklasifikasi c berdasarakan SK.Menkes No 51/menkes/SK/II/79 tahun 1979 kemudian menjadi kelas B non kependidikan berdasarkan keputusan Menkes no 1065/menkes/sk/xi/1992 dan surat keputusan gubernur no 15 tahun 1993. RSMY menjadi RS Swadana daerah uji coba berdasarkan SK gubernur no 145 tahun 1993.

1 komentar:

yandi mengatakan...

terima kasih atas Blog ini Profil Rumah sakit Dr. M. Yunus sehingga dapat bermanfaat bagi saya selaku Mahasiswa untuk menambah ilmu bagi saya.

Poskan Komentar