10.41

    FASILITAS PELAYANAN

    RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu menyediakan fasilitas pelayanan medis serta didukung oleh sumber daya manusia yang professional, berpengalaman dan handal. Fasilitas pelayanan medis tersebut adalah sebagai berikut :

      • g1INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD)

    Merupakan unit RS yang memberikan perawatan pertama kepada pasien. Unit ini dipimpin oleh seorang dokter jaga dengan tenaga dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani PGD ( Pelayanan Gawat Darurat ), yang kemudian bila dibutuhkan akan merujuk pasien kepada dokter spesialis tertentu.

      • g2POLIKLINIK/INSTALASI RAWAT JALAN
      • Poliklinik Kebidanan dan Kandungan
      • Poliklinik Anak
      • Poliklinik Penyaki Dalam
      • Poliklinik Penyakit Syaraf
      • Poliklinik Bedah
    • Bedah Umum
    • Bedah Orthopedhi
      • Poliklinik Mata
      • Polliklinik Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)
      • Poliklinik Penyakit Paru
      • Poliklinik Jantung
      • Poliklinik Kulit dan Kelamin
      • Poliklinik Gigi dan Mulut
      • Poliklinik Gizi

    • FASILITAS PENUNJANG MEDIK
        • 2Laboratorium

    FASILITAS YANG ADA :
    SEDERHANA

    Hematologi : Darah Lengkap, Hemoglobin, Erithosit, Lekosit, LED, Retikulosit, Thrombosit, Hitung Jenis, Gambaran Darah Tepi, Malaria, Golongan Darah.

    Urine : Urine Lengkap, PH, Albumin, Reduksi, Bilirubin, Urobilin, Sedimen

    Feces Lengkap
    Sputum Prof.BTA/ZA
    Sekret Pref.Gram/GO
    SEDANG

    Serologi : Widal, VDRL, Plano Test

    Fungsi Hati : Bilirubin Total, Bilirubin Direck, Alkali Phospatase, SGOT, SGPT, Total Protein, Albumin

    Gula Darah : Kadar Gula Puasa, Kadar Gula 2 Jam PP, Kadar Gula Sesaat

    Lemak Darah : Total Kolesterol, HDL Kolesterol, LDL Kolesterol

    Fungsi Ginjal : Ureum, Sorum Creatinin, Uric Acid

        • TREADMILL

    Treadmill merupakan alat uji latih jantung dengan beban untuk melihat perubahan rekaman EKG saat jalan/lari, sehingga dapat diketahui penyempitan pembuluh darah koroner yang menyebabkan nyeri dada, adanya gangguan irama jantung serta dapat mengetahui jenis olah raga yang aman bagi seseorang.

        • ENDOSCOPY

    Merupakan klinik yang banyak diminati oleh pasien dikarenakan kegunaannya sebagai alat bantu diagnosa sekaligus sebagai alat untuk teraphy. Selain untuk Gastroscopy dan Kolonoscopy, klinik ini juga dapat melakukan Sclerosing pada pasien hemoroid.

        • FISIOTERAPHY

    Kelengkapan alat yang dimiliki seperti Infra Red Radiation, Short Wave Diathermy, Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation, Ultra Sound serta Traksi. Dengan lengkapnya alat ditunjang oleh waktu layanan yang panjang serta fisoterapis yang andal

        • CT SCAN

    CT Scan ( Computerized Tomography Scanning ) type Helical merupakan alat yang mampu mendeteksi kelainan-kelainan organ di seluruh tubuh baik di kepala, dada, perut serta anggota tubuh pasien dengan cepat dan tingkat akurasi yang tinggi.

    3


    .
    Dengan alat ini dapat diketahui kelainan-kelainan yang tidak dapat dideteksi oleh alat rontgen biasa ataupun USG, seperti tumor otak ataupun tumor hati.

        • INSTALASI FARMASI (APOTEK)

    4


    Didukung tenaga profesional yang mampu melayani resep obat dalam waktu paling lama 15 menit Instalasi Farmasi RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu melayani anda dalam 24 jam, baik untuk emergency maupun pasien rawat inap

        • INSTALASI SARANA

    5


        • RADIOLOGI

    5

    Unit Radiologi RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu yang buka 24 jam memiliki alat X-Ray, USG ( Ultra Sono Graphy ) Doppler, Flouroscopy, Panoramic, CT Scan ( Computerized Tomography Scanning ) dan ESWL( Extracorporal Short Wave Lithotripsy).


        • ELEKTROCARDIOGRAPGY (EKG)

    Adalah alat rekam jantung untuk mengetahui bagaimana aktifitas listrik jantung pasien

        • KAMAR OPERASI

    6


    Pasien yang akan menjalani operasi besar kami anjurkan untuk masuk rumah sakit 12 jam sebelum operasi dilaksanakan dan operasi kecil 6 jam sebelum operasi. Tujuannya agar persiapan operasi yang dilakukan dapat sebaik mungkin. Bagi pasien yang berumur diatas 35 tahun dianjurkan sudah melakukan konsultasi ke dokter jantung atau interne dan pemeriksaan lain sebelum masuk rumah sakit.
    6


        • HAEMODIALISA (CUCI DARAH)

    6

    Instalasi haemodialisa RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu memiliki 7 unit mesin haemodialisa fresenius, dengan sistem komputerisasi, lengkap dengan pengolahan air (service osmosis) yang aman dan berkualitas bagi pasien yang menjalani cuci darah.


    Instalasi ini membantu penderita gagal ginjal terminal untuk dapat mempertahankan kehidupan dan kesejahteraan pasien hingga fungsi ginjalnya pulih kembali.

    • UNIT PERAWATAN INTENSIF

    ICU / ICCU
    67


    Unit Perawatan Intensif RS Husada telah beroperasi selama 30 tahun yang diajarkan oleh tenag medis profesional dengan peralatan yang lengkap untuk praktek kedokteran intensif yang optimal. Peran aktif Unit Perawatan Intensif dalam memberikan layanan terbaik telah memungkinkan pasien – pasien yang terancam jiwanya untuk dapat dicegah dari kematian dini dan kecacatan total.
    Memiliki serangkaian fasilitas penunjang lengkap, mulai dari tempat tidur(ICU 8 bed dan ICCU 6 bed) berikut piranti medis, beraneka ragam instrumen terkait, PICU, ABPM, X- Ray, laboratorium 24 jam, Unit Kateterisasi 24 jam, Ekhokardiografi dan USG.



    BAB II
    PROGRAM KERJA DAN HASIL PELAKSANAANNYA

    • Pelayanan Rawat Jalan

    Pemanfaatan pelayanan rawat jalan dapat dilihat dari grafik kunjungan rawat jalan yang berkunjung pada 15 poliklinik spesialis RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu di bawah ini :
    7

    Pelayanan Rawat Inap

    Pemanfaatan pelayanan rawat inap dapat dilihat dari angka kunjungan dan jumlah hari perawatan di ruang rawat inap RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu seperti tabel berikut ini :
    7

    Dari dapat tersebut diatas terdapat penurunan kunjungan pasien rawat inap dari...............kunjungan pada tahun 2005 menjadi................kunjungan pada tahun 2006, hal ini disebabkan oleh turunnya angka kunjungan pasien dengan kartu sehat sehingga mempengaruhi turunnya pemanfaatan tempat tidur (BOR) dari ......% menjadi ...........%, sedangkan rata-rata lama hari perawatan (LOS) dari tahun ketahun tidak terlihat adanya perubahan yang berarti.
    Pada tahun 2006 terjadi peningkatan kunjungan pasien rawat inap dibandingkan dengan tahun 2005 hal ini menunjukkan adanya kepercayaan masyarakat terhadap mutu pelayanan di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu, sedangkan kunjungan pasien umum dan pasien askes tidak terjadi perubahan yang bermakna antara tahun 2004 dan 2005. pemanfaatan tempat tidur pada tahun 2006 terjadi peningkatan, untuk lebih jelas dapat dilihat pada grafik berikut ini :
    GAMBAR GRAFIK (BELUM DIBUAT KARENA BELUM ADA DATA)

    • Instalasi Gawat Darurat

    Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan pelayanan gawat darurat medik baik bedah maupun bedah yang dilakukan setiap hari selama 24 jam. Para medis yang ditugaskan di IGD diupayakan paramedis yang telah mendapat pelatihan atau pendidikan ke gawat daruratan. Pelayanan kegawat daruratan medik dapat digambarkan dari kunjungan pasien IGD di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu yang dapat dilihat pada grafik dibawah ini :
    GAMBAR GRAFIK (BELUM DIBUAT KARENA BELUM ADA DATA)

    • Instalasi Kamar Bedah

    Kegiatan di Instalasi kamar bedah di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu dari tahun ke tahun mengalami peningkatan seiring dengan mulai terpenuhinya kelengkapan peralatan dan bertambahnya tenaga dokter spesialis bedah dan bedah orthopedhi, berikut ini adalah gambaran kegiatan kamar operasi di kamar bedah dengan kategori operasi, sedang dan kecil dari berbagai bidang spesialis, dapat dilihat pada grafik di bawah ini :
    GAMBAR GRAFIK (BELUM DIBUAT KARENA BELUM ADA DATA)

    • Pelayanan Haemodialisa (Cuci Darah)

    Pelayanan haemodialisa dimulai sejak awal tahun 2003 dengan menggunakan 2 unit mesin cuci darah yang diadakan pada tahun 2002. dengan bertambahnya pasien yang memerlukan cuci darah, maka pada tahun ...........melalui dana ABT APBD tahun .........dianggarkan pengadaan sebanyak................unit mesin cuci darah.
    Dengan.............unit mesin cuci darah dapat melayani 50 orang dengan kunjungan 3020 kali pada tahun 2005. dengan ..........unit mesin cuci darah belum dapat melayani seluruh pasien gagal ginjal di propinsi Bengkulu dan sekitarnya. Pada tahun 2006 bangunan gedung khusus haemodialisa dapat menampung mesin cuci darah sebanyak 10 unit sehingga diharapkan seluruh pasien gagal ginjal yang ada di propinsi Bengkulu dan sekitarnya dapat dilayani di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu.

    • Pelayanan Kefarmasian/Apotek

    Pelayanan kefarmasian RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu selain menyelenggarakan pelayanan bahan habis pakai kepada unit-unit pelayanan RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu juga menyediakan pelayanan obat-obatan untuk pasien baik rawat jalan maupun rawat inap. Untuk memperlancar pelayanan obat-obatan pada pasien telah dibentuk DEPO-DEPO di IGD, rawat inap, rawat jalan, kamar operasi, ICU/ICCU. Dengan dibentuknya depo-depo tersebut ternyata telah dapat meningkatkan penerimaan apotek sebesar Rp......................

    • SIM-RS

    Dalam era reformasi serta menyambut era globalisasi diperlukan transparansi disegala bidang. Untuk itu diperlukan adanya informasi yang cepat, tepat dan akurat baik digunakan untuk mengambil keputusan pada tingkat pimpinan maupun informasi yang diperlukan oleh masyarakat maupun instansi lain yang terkait. Sejak tahun 1999 sistem informasi di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu telah dimulai dengan menggunakan sistem komputer secara bertahap, yang dimulai dari sistem billing di rawat inap dan pelayanan kartu pasien di rawat jalan, serta sistem informasi pasien rawat inap, meskipun belum berjalan seperti yang diharapkan namun untuk SIM-RS tersebut selalu diupayakan perbaikan-perbaikan sistem sehingga tercapai suatu sistem informasi informasi yang optimal.
    Guna menyebarkan luaskan informasi tentang RSUD DR. M. Yunus Bengkulu pada tahun 2003 RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu telah memiliki WebSIte yang dapat digunakan oleh masyarakat luas guna memperoleh informansi tentang pelayanan dan hasil-hasil RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu.

    • Akreditasi

    RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu pada tahun pada tahun 1999 telah mendapat sertifikasi akreditasi rumah sakit type B untuk 5 pelayanan, namun dengan terjadinya gempa bumi pada bulan Juni 2000 sudah layaknya setifikasi akreditasi ini ditinjau kembali bersama dengan 7 pelayanan lainnya. Persiapan 12 akreditasi pelayanan dimulai tahun 2003 dengan kegiatan persiapan berupa penyusunan protap, studi banding, melengkapi sarana dan prasarana pelayanan. Pada akhir tahun 2004 telah diadakan penilaian dari tim KARS pusat dan dari hasil penilaian tersebut RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu telah Terakreditasi Penuh Tingkat Lanjut yang berlaku dari tanggal 18 Januari 2005 s/d 18 Januari 2008.

    • Program Kompensansi Pengurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak Bidang Kesehatan (PKPS – BBM Bid Kes)

    Melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : 1086/MenKes/SK/IX/2001 dan surat edaran Direktorat Jenderal Anggaran Nomor : SE-129/A/2001, program JPS-BK dilengkapi dengan program Penanggulangan Dampak Pengurangan Subsidi Energi Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial (Program PD-PSE BK dan KS), dengan dikeluarkannya program PD-PSE tersebut kelompok miskin dan tentan tetap dapat menikmati haknya untuk mendapat pelayanan kesehatan. Sejak tahun anggaran 2002 program tersebut menjadi program pengurangan subsidi bahan bakar bidang kesehatan (PKPS-BBM Bid Kes) masih melayani pengguna kartu sehat, namun sejak bulan Agustus 2002 pengguna kartu sehat yang berobat ke RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu hanya mendapatkan pembebasan biaya meliputi biaya perawatan, makan, pemeriksaan labor, pemeriksaan radiologi, operasi dan tindakan-tindakan lainnya sedangkan obat dibebankan pada pasien, hal ini disebabkan tidak sesuainya alokasi dana dengan jumlah pasien yang dilayani baik di rawat jalan maupun rawat inap.
    Kegiatan program PKPS-BBM Bid Kes di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Selamat siang pak jhon hendri, saya alumni mahasiswa bapak, saya ingin bertanya apakah di RSUD Bengkulu Tersedia Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinis, krna saat ini saya sedang di Luar kota, terima kasih sblmnya bapak.

Unknown mengatakan...

Selamat siang pak jhon hendri, saya alumni mahasiswa bapak, saya ingin bertanya apakah di RSUD Bengkulu Tersedia Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinis, krna saat ini saya sedang di Luar kota, terima kasih sblmnya bapak.

Poskan Komentar